Cpx24.com CPM Program

Gpu (vga) baru dari Nvidia

Biasanya butuh waktu cukup lama bagi Nvidia untuk menggelontorkan Graphics Processing Unit (GPU) terbaru, namun kali ini berbeda. Belum genap setahun merilis Fermi, Nvidia sudah menyiapkan penggantinya yang diklaim semakin canggih.

GPU tersebut berinisial Kepler, dan siap diluncurkan Nvidia di 2011. Dengan mengusung fabrikasi yang makin kecil yakni, 28nm diklaim memiliki performa 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan GPU terkini, Fermi.

"Kami jadwalkan bakal tersedia mulai tahun depan (2011), dan sudah ada ratusan pakar microchip yang sedang menggembangkan GPU tersebut," jelas Jen-Hsun Huang , President & CEO Nvidia, dari engadget, Rabu (22/9/2010).

Selain Kepler, pada ajang tahunan GPU Technology Conference (GTC) Nvidia juga membeberkan rencana mereka untuk merilis GPU dengan nama sandi Maxwell, yang bakal dirilis pada 2013.

Maxwell sendiri dijanjikan Nvidia bakal memiliki performa 16 kali lebih hebat dari kartu grafis tercanggih saat ini, belum lagi kemampuan GPU tersebut yang klaim dapat 'memindahkan' segala jenis beban CPU ke dalam GPU