Cpx24.com CPM Program

Kebesaran iPod di patahkan Walkman Sony




Kedigdayaan iPod di ranah pemutar musik digital memang tak terbantahkan lagi. Bahkan perusahaan sekaliber Microsoft dengan Zune mereka, seolah-olah 'dilupakan' keberadaanya oleh pasar karena penetrasi iPod.

Beberapa tahun lalu CEO San Disk bahkan pernah memberi pernyataan bahwa selama ini kenyataanya memang tak ada yang bisa menggeser posisi iPod. Mungkin pernyataan tersebut benar adanya, khususnya di pasar Amerika.

Namun kini fakta berkata lain. Di belahan bumi lain tepatnya di Jepang, Sony telah mengukir sejarah baru. Perusahaan yang terjun dengan ke kompetisi pemutar musik digital dengan brand Walkman tersebut, untuk pertama kalinya dapat memecah sejarah dengan mengalahkan penjualan iPod di pasaran.

pangsa pasar Sony kini naik menjadi 47,8 persen, sementara Apple hanya terdiam di angka 44 persen pada bulan Agustus 2010.

Data tersebut diambil dari salah satu lembaga riset di Tokyo bernama BCN. "Ini adalah pertama kalinya Walkman mengalahkan penjualan iPod untuk penjualan bulanan. Strategi Sony menghadirkan produk yang lebih sesuai dengan selera pasar, ternyata memberi kontribusi bagi ranking mereka di pasaran," ujar Eiji Mouri salah satu peneliti pada BCN.

Memang benar bahwa pasar Jepang berbeda dengan Amerika. Orang Amerika sangat teracuni oleh produk-produk Apple, sementara di Jepang tidak. Nah, Sony pun mengambil momentum ini untuk 'menghajar' iPod.

Permasalahannya, apakah Sony bisa mempertahankan momentum ini? Kita tahu bahwa beberapa hari lalu, iPod baru saja berevolusi ke bentuk baru dengan FaceTime serta Retina Display yang diusungnya. Sementara fitur-fitur itu tak dijumpai pada produk Walkman Sony saat ini. Semoga ini tak menjadi kemenangan sesaat bagi Sony.